Sabtu, 23 Agustus 2014

Menguji SCR dan TRIAC dengan Ohmmeter

A. Menguji SCR dengan Ohmmeter
 
SCR adalah perangkat tiga terminal, yang pada dasarnya merupakan rangkaian terbuka (anoda-ke-katoda) dengan tegangan gate tidak ada, dan bersifat penyearah ketika tegangan gate diterapkan.SCR adalah piranti unidirectional artinya hanya mengalirkan arus ke satu arah saja. Dan SCR secara normal dapat di triger dengan arus yang masuk ke gatenya.

Untuk mengetahui apakah SCR masih bagus atau tidak, berikut adalah langkah-langkah pengujian SCR dengan menggunakan Ohmmeter:

- Hubungkan ohmmeter seperti ditunjukkan pada Gambar. 1A. Gunakan R x 1 jangkauan. Resistansi yang diukur harus tinggi (lebih besar dari 1 megom). Selanjutnya, ukur kembali dengan ohmmeter terbalik memimpin seperti dalam B. Sekali lagi, resistansi yang diukur harus tinggi.

Gambar 1

- Dengan ohmmeter terhubung seperti di B, hubungkan gate ke anoda. Resistensi sekarang harus baca rendah (kurang dari 1000 ohm), bahkan walapun gate telah rusak. SCR resistensi langsung mulai tinggi di kedua arah baik ketika pen ohmmeter  dilepas.

B. Menguji Triac dengan Ohmmeter
TRIAC atau Triode for Alternating Current, merupakan masih keluarga Thyristor yang dekat dengan SCR. Namun tidak seperti SCR yang bersifat unidirectional, TRIAC bersifat Bidirectional, artinya dapat mengalirkan arus dari arah yang berlawanan. Dan begitu juga untuk mentriger, pada TRIAC bisa mengaplikasikan arus positif ataupun negatif pada gate untuk bisa mentrigernya.
Gambar 2

Untuk mengetahui apakah TRIAC masih bagus atau tidak, berikut adalah langkah-langkah pengujian SCR dengan menggunakan Ohmmeter:


Hubungkan ohmmeter seperti ditunjukkan pada Gambar. 2C. Resistansi yang terukur harus tinggi. Sesaat Hubungkan gate ke anoda 2; Resistansi harus menjadi rendah dan tetap rendah bahkan saat sambungan gate rusak. Hubungkan kembali ohmmeter dengan polaritas yang berlawanan seperti ditunjukkan pada Gambar. 2D. Pembacaan resistansi harus tinggi sampai gate-ke-anoda 2 tersambung, kemudian resistansi akan  rendah seperti sebelumnya. 



0 komentar:

Posting Komentar